Minggu, 12 Juni 2011

Ipad dan Laptop, Pemicu Insomnia

TEMPO Interaktif, Amerika Serikat - Kalau anda gemar "bermain" dengan komputer jinjing dan telepon pintar sebelum istirahat malam, anda harus waspada, insomnia ataususah tidur mengintai.

Penelitian dari Northwestern University memaparkan, benda elektronik yang bersinar terang dan langsung menyorot pada mata, seperti laptop, telepon pintar dan Apple iPad dapat mengganggu kerja otak dan merusak sistem jam biologis tubuh.

Phyllis Zee, seorang ahli saraf dari Northwestern University mengatakan apabila anda kerap menyalakan notebook atau iPad sebelum tidur, cahanyanya dapat memicu atau menstimulasi otak untuk membuat kita terbangun dan menunda keinginan untuk tidur. "Akibatnya, mengganggu jam biologis anda," katanya.

Zee yang juga menjabat sebagai Direktor of the school's Center for Sleep & Circadian Biology khawatir pancaran cahaya dari alat elektronik itu akan mengganggu ritme carcadian, semacam jam di dalam otak yang menentukan kapan waktunya tidur dan kapan waktunya bangun.

Hasil penelitian menunjukkan sejumlah pengguna notebook dan Apple iPad memilih menggunakan perangkat itu pada malam hari sebelum tidur, padahal pada saat itu otak anda sedang "berpikir" ini waktunya tidur dan seluruh benda yang menyala di sekitar kamar tidur harus dipadamkan atau dalam keadaan gelap.

Tidak seperti buku konvensional atau pembaca buku elektronik yang tidak memancarkan cahaya sendiri, layar iPad bersinar terang dan langsung tertuju kepada mata pembaca dalam jarak yang relatif dekat. Inilah yang membuat iPad dan laptop mengganggu pola tidur anda.

Benda elektronik lainnya, misalnya televisi tidak dianggap mengganggu karena memiliki jarak yang cukup jauh dengan mata ketika anda menontonnya. Buku konvensional juga tidak mengeluarkan sinar dan dapat dibaca karena ada pantulan cahaya dari lampu.

"Saya berharap masyarakat lebih memilih buku konvensional kemudian dibaca dengan lampu dan pastikan tidak telalu terang," kata Alon Avidan, Director of the Sleep Disorders Center UCLA. Kalau itu dilakukan, menurut dia, anda akan dapat beristirahat jauh lebih tenang.

Avidan menjelaskan, banyak syaraf penerima sinyal atau reseptor di dalam mata yang bertugas menangkap cahaya. Syaraf itu kemudian mengirim pesan ke otak dan mengatakan ini waktunya bangun. Otak kemudian "memerintahkan" tubuh seupaya berhenti mengeluarkan hormon melatonin, hormon yang membuat orang mengantuk dan membantu mengatur jam tidur. Biasanya, otak kita mulai memerintahkan untuk memproduksi hormon tersebut pada pukul 9 atau 10 malam. Namun, ketika ada cahaya yang menyinari mata, produksi hormon itu akan berkurang.

Hingga kini, tidak ada formula atau rumus khusus untuk menghitung seberapa besar cahaya yang mampu ditangkap mata supaya tidak mengganggu jam biologis kita. Karena, semua itu tergantung pada beberapa faktor, seperti seberapa terang atau tajam cahaya yang masuk ke mata, berapa lama cahaya itu menyinari mata dan seberapa jauh mata kita dari sumber cahaya tadi.

Sejarah Skateboard

Skateboard pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1950, seiring dengan perkembangan era surfing di daerah California, Amerika Serikat. Pertama kali muncul, skateboard masih diciptakan oleh tangan manusia dan terbuat dari kayu yang gabungkan dengan ban sepatu roda dan disambungakan oleh trucks dari sepatu roda juga yang sangat tebal dan berat. Pada saat itu orang juga belum mengenal nama ‘skateboard’, melainkan ‘sidewalk surfing’. Masa-masanya dimulai ketika Marty McFly menggunakannya dalam sebuah film yang berjudul “Back To The Future”, disini Marty menggunakan media skateboard sebagai alat transportasinya.

Pertengahan tahun 1960, skateboard menjadi permainan yang cukup mainstream di Amerika. Dua buah brand, yaitu Hobie dan Makaha melihat celah tersebut dan mulai memproduksi skateboard, jadi para penikmat permainan ini tidak perlu lagi bersusah payah untuk membuat skateboard. Mereka dapat membeli langsung dan langsung memainkannya. Popularitas skateborad mulai meningkat ketika sebuah majalah lokal yang membahas permainan ini mulai terbit, yaitu Skateboarder Magazine. menjadi sebuah media yang sangat membantu para skateboarder untuk lebih mengetahui secara lengkap mengenai hal ini. Makaha sebagai salah satu brand pada waktu itu benar-benar mengeruk keuntungan yang luar biasa, yaitu sebanyak 4 juta dolar Amerika dalam jangka aktu dua tahun saja (1963-1965).


Skateboard 1st Generation

Skateboard 2nd Generation
Awal tahun 1970, Frank Nasworthy memulai kariernya di dunia skateboard dnegan merancang skateboard dengan bahan polyurethane yang lebih tenar dengan nama “Cadillac”. Melihat kejayaan skateboard, maka semakin banyak perusahaan-perusahaan yang saling berlomba-lomba untuk menjadikan lahan ini sebagai ladang bisnis mereka. Salah satunya ialah Tracker Trucks yang berdiri pada tahun 1976. Skateboard yang dihasilkannya pun jauh lebih bagus dari skateboard yang sebelumnya di pasaran, Banana Board menjadi papan yang cukup menjadi trend pada saat itu, bentuknya yang ringkas dan elastis membuat papan yang satu ini laris di pasaran. Belum lagi permainan warna dan desain yang sangat menarik yang terdapat pada papan tersebut. Kejayaan tersebut memang tidak bertahan lama, biaya yang sangat besar untuk membuat skate park menjadi sebuah masalah pada era tersebut, dan akhirnya pada awal tahun 1980 skateboard mulai tidak terdengar lagi beritanya.
Third generation

Setelah menghilang selama lumayan lama, skateboard mulai bangkit lagi pada pertengahan tahun 1980. Pada era ini banyak skateboarders yang mulai kreatif dan memiliki dana yang cukup sehingga mereka mampu membuat vert ramp yang menjadi lahan untuk bermain skateboard. Jika pada awalnya para skateboarder hanya bermain dengan cara meluncur saja, maka sudah saatnya para pemain tersebut berterima kasih kepada Alan Gelfand. Alan adalah orang yang pertama kali menemukan teknik ollie, maka dari itu namanya lebih banyak dikenal dengan sebutan Alan “Ollie” Gelfand.

Setelah Alan Gelfand, maka kini giliran Rodney Mullen yang memberikan sentuhan baru pada dunia skateboard. Mullen menciptakan sebuah gaya baru yang cukup ekstrim yaitu freestyle skating yang merupakan langkah awal dari modern skateboard. Gaya-gaya seperti flatground ollie, the ollie kickflip, the heelflip dan 360 flip merupakan ciptaannya karena bosan dengan gaya yang itu-itu saja. Setelah itu barulah gaya-gaya yang lainnya tercipta seperti with short noses, slide rails dan large soft wheels.

Bosan dengan skatepark, maka para skateboarder mulai mencari sesuatu yang lebih menantang, hingga akhirnya sarana umum seperti tempat perbelanjaan, trotoar dan taman kota menjadi ladang bagi mereka. Gaya permainan mereka yang cukup ekstrim akhirnya mendapat perhatian yang ekstra ketat dari pihak berwajib, dari terguran hingga sanksi yang berat menjadi hal yang harus diterima oleh para skaters yang tertarngkap. Namun itu semua tidak membuat jera mereka, bahkan di beberapa negara akhirnya mulai mengikuti cara bermain seperti itu bahkan di Indonesia sendiri pun juga ikut terjangkit virus tersebut.Papan skate pun mulai menunjukan perubahannya kembali. Lebar papan kini mencapai 8 inci dengan panjang 30 sampai 32 inci dengan ban yang terbuat dari polyurethane. Steve Caballero menjadi salah satu pelopor pada era ini. Selain bentuk papan baik itu desain, gaya para skaters pun terlihat lebih menarik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Gaya berpakaian mereka secara tidak langsung juga terinspirasi oleh musik-musik yang biasa didengarkan para skaters, mulai dari black music hingga musik cadas. Celana jeans yang dipadukan dengan t-shirt menjadi salah satu pilihan wajib.


Tricks

Ollie yang merupakan ciptaan dari Alan Gelfand kembali dikembangkan oleh Rodney Mullen. Ollie sendiri merupakan trick yang paling sederhana dan wajib dikuasai oleh para skaters, karena tanpa ollie kita tidak akan bisa melakukan trick-trick yang lainnya, seperti kickflip, heelflip dan pop-shove it. Ollie tertinggi yang pernah tercipta ialah 44,5 inci yang diciptakan oleh Danny Wainwright, namun itu tidak bertahan lama. rekornya dipecahkan oleh Jose Marabotto dari Peru setinggi 50 inci. Namun secara resmi, ollie tertinggi pada kejuaraan skateboard dipegang oleh Alex Bland dengan tinggi 40,125 inci pada “Switch Ollie Competition”.

Kickflip adalah sebuah trick dimana para skateborder harus menendang papannya ketika berada di udara hingga berputar sebanyak 360 derajat dan kemudian kembali lagi ke daratan dengan posisi awal. Nama Rodney Mullen juga terkenal sebagai orang yang mempopulerkan trick ini. Kickflip merupakan salah satu trick new school dalam dunia skateboard.


Trick yang satu ini diciptakan oleh Tony Hawk, yang melakukannya di ramps dan half pipes.Di sini para skater hanya perlu melakukan memegang bagian belakang papan diantara kaki kanan dan kaki kiri mereka sambil sedikit jongkok. Trick yang satu ini memang terlihat mudah, namun sebenranya memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, tidak sedikit yang cedera ketika melakukan trick yang satu ini. Bayangkan Anda berada di udara, diatas papan sambil memegang bagian dari papan dengan waktu yang sangat sedikit sebelum kembali ke daratan. Maka dari itu ramps merupakan media yang sangat membantu untuk melakukan hal ini, kecepatan yang tinggi juga cukup membantu melakukan ini. Selain ramps dan half pipes, pool juga menjadi tempat yang biasa digunakan untuk melakukan trick ini.


Masih banyak trick-trick lain di skateboard seperti Heelflip, Hardflip, Varial Kickflip, 50-50, Board Slide dll.

Di bawah ini merupakan skateboarder-skateboarder yang sudah terkenal di kancah Internasional.



Nyjah Huston


Chris Cole

Ryan Sheckler

Alex Mizurov

Dan Skateboard Pro dari Indonesia, Pevi Permana
Dia sudah banyak mengikuti kejuaraan-kejuaraan di kancah Internasional dan membawa nama harum Indonesia.


Bagian-bagian dari Skateboard



Senin, 06 Juni 2011

Peningkatan Microsoft Bing

Semua pengguna internet mungkin tidak seluruhnya tahu, apa itu Bing. Kebanyakan yang orang tahu, mesin pencari paling populer dan gampang diingat adalah Google. Baru-baru ini Comscore merilis data terbaru tentang perolehan persentase/poin yang diperoleh oleh masing-masing mesin pencari. Microsoft Bing kali ini memperoleh jatah sebesar 14,1 persen dari semua pencarian di AS pada bulan April kemarin.

Angka tersebut tentu saja masih jauh jika dibandingkan dengan dari pemimpin pasar search engine - Google, yang memegang 65,4 persen, Maklumlah Google adalah komandan di bidang pencarian he..he... Walaupun demikian, ternyata Bing mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu, sementara Google pergerakannya sangat kecil atau malah bisa di bilang tetap flat.

Untuk bulan ini, peningkatan pangsa pasar Microsoft hanya 0,2 persen, sedangkan Google menderita kerugian sebesar 0,3 persen. Yahoo, yang secara tradisional telah kehilangan pangsa pasar, sebenarnya naik 0,2 persen poin pada bulan lalu.


Sumber : http://artikel-it.blogspot.com/2011/05/peningkatan-microsoft-bing.html

Kamis, 26 Mei 2011

New Mozilla Firefox 4


Browser paling populer di dunia Mozilla Firefox akhirnya secara resmi merilis browser mereka yang terbaru yaitu Mozilla Firefox 4. Browser versi 4 ini akan menyaingi browser besutan microsoft yaitu IE9 dan browser besutan google yaitu Google Chrome. Bagi kalian pengguna setia Firefox mulai hari ini bisa mendownloadnya dari situs resminya.

Mozilla Firefox 4 ini diklaim lebih cepat 6x dari versi sebelumnya. Kotak tab berpindah di atas address bar, sehingga isi konten halaman web lebih maksimal dilihat dan memiliki bidang yang luas. Konsekuensinya area gambar untuk personifikasi theme (tema) menjadi sempit dan berkurang.


Berikut fitur-fitur yang ada pada firefox versi 4 ini :

* New Tab Location
* Tabs for applications
* Easy switch to tab
* Synchronizing Settings
* Managing Add-ons made easy
* Panorama
* HTML 5 support
* Full Hardware Acceleration
* Organizing tabs made easy
* Firefox button for easy access and reduced clutter.

Silahkan download Mozillanya di sini