Minggu, 12 Juni 2011

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Hubungan Internasional

Saat ini, hanya bermodal ijazah SMA saja tidak cukup. Banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan minimal ijazah S1. Terkadang, lulusan S1 pun sudah susah mencari kerja apalagi yang hanya bermodalkan ijazah SMA.

Kemudian, jurusan apa yang sebaiknya kita ambil? Sebaiknya jurusan tersebut yang memang kalian niati, bukan hanya sekedar untuk keren-kerenan atau sekedar iseng-iseng mencoba. Beberapa hal tadi dapat berdampak buruk untuk masa depan kalian. Kalau kalian tidak bisa mengikuti pelajarannya alhasil kalian harus pindah jurusan dan umur kalian sudah terbuang 1 tahun (percuma atau tidaknya itu tergantung dari masing-masing individu)

Nah, di sini saya ingin memberikan review tentang salah satu jurusan di perguruan tinggi, yaitu Jurusan Hubungan Internasional (sedikit promosi jurusan sendiri) . Jurusan ini masih menjadi jurusan idaman dari para lulusan SMA. Buktinya saja, tiap tahun pasti beribu-ribu orang berkompetisi untuk masuk jurusan ini.

Bicara mengenai Hubungan Internasional, pasti orang-orang berpikir bahwa lulusan dari HI paling kerjanya menjadi diplomat sehingga banyak orang tua yang beranggapan bahwa
prospek kerja dari jurusan ini sempit. Pemikiran tersebut ternyata salah besar jika kalian ingin mencari tahu lagi lebih dalam mengenai jurusan ini. Menjadi diplomat merupakan lahan tradisional dari jurusan ini. Di jurusan ini pada semester 5 nanti akan ada peminatan sesuai dengan minat kalian masing-masing. Mereka adalah Security Conflict, International Development, dan yang ke-3 Social and Cultural Develompment. Kalian harus memilih salah satu dari ke-3 ini sesuai dengan minat kalian nantinya akan bekerja di mana.

Di jurusan ini kalian mempelajari macam-macam ilmu, mulai dari hukum, politik, ekonomi, budaya, dan tentunya teori-teori hubungan internasional. Ada sedikit jokes mengenai jurusan ini bahwa jurusan hubungan internasional mendapatkan gelar sarjana ST nantinya (Semua Tahu). Saya juga pernah mendengar suatu pesan dari dosen saya (kurang lebih seperti ini) "We need to know something about everything, but in the end it would be know everything about something" Kalau tidak salah beliau memetiknya dari seseorang, tapi saya lupa siapa.

Sekarang tergantung kalian, jurusan apa yang ingin kalian pilih nantinya untuk kedepannya sebab yang menentukan masa depan adalah kalian sendiri bukan orang tua kalian. Tugas orang tua di sini hanyalah sebagai pendamping kalian. Dari sini saya tidak pernah selalu setuju terhadap orang tua yang menentukan jurusan apa untuk anaknya nanti di universitas (bukannya ngajarin untuk yang buruk ya). Bagus kalau anak tersebut dapat mengikuti, kalau tidak?

Untuk Kalian yang masih penasaran dengan lahan kerja lulusan Hubungan Internasional, berikut ada sumber tabel untuk mendukungnya.



29 comments:

Bhramita Cahya mengatakan...

saya suka yang ini!!

Yerico Ignatius mengatakan...

Thanks mit. Lagi waras ini tumben-tumbenan hehehe

Unknown mengatakan...

wahh,makasih kak infonya :)
semoga ga tersesat di jurusan ini deh bismillah.

Unknown mengatakan...

mksih infonya kak

Rani Rosdianti mengatakan...

blog kaka bagus banget. anyway, thanks a bunch buat informasinya kak :) jadi ada gambaran buat saya, dan termotivasi buat masuk HI :)

Doelzone mengatakan...

sip dah jd g nyesel gua kul d HI gan..
thanks a lot..

Unknown mengatakan...

kalo mau masuk HI berarti pas SMA-nya harus ambil IPS dong ?
sedangkan saya skr di IPA.

Neneng Rostiana mengatakan...

Tapi masih sedikit bimbang antara Hubungan Internasional sama Sastra Inggris. Any ideas?

Yerico Ignatius mengatakan...

@Annger: yaaa sama-sama. sukses yooo

Yerico Ignatius mengatakan...

@Rani makasih :D oke, semangat yoo masuk HI, fun kok. sukses yoo

Yerico Ignatius mengatakan...

@Doelzone pastinya! oke sip

Yerico Ignatius mengatakan...

@Gede gak juga kok, saya juga SMA nya IPA hehehe tergantung kamu gimana nanti bisa ngejarnya. yang penting diniatin pasti bisa kok

Yerico Ignatius mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yerico Ignatius mengatakan...

@Neneng Sastra sama HI itu beda loh, hati-hati. kalau HI itu lebih ke politik, jelas beda sama sastra. jangan pernah berpikir kalau masuk HI belajarnya bahasa inggris terus, gak kok. HI yang dipelajarin luas soalnya.
tergantung kamu prefernya ke mana, ke sastra atau lebih berpolitik

niesha ratna mengatakan...

beda Security Conflict, International Development, dan Social and Cultural Develompment itu apa ya kak?? makasih

Unknown mengatakan...

kakak kuliah didaerah mana?

Unknown mengatakan...

kak, intinya kita musti melakukan hal yang berbeda dari orang lain ya kak? karena saya paham nanti di dunia kerja skill yang dibutuhkan bukan teori dan ipk tinggi saja :)
kalau boleh tau kakak sekrang udah kerja apa masih kuliah? ya biar ngasi gambaran lagi dan motivasi di HI ini :)

ANASTHASIA mengatakan...

Kak mau tanya dong, semua jurusan HI itu gak mewajibkan kita bisa lebih dari 1 bhs asing kan? Pelajaran apa yg harus di fokusin di supaya bisa masuk? Thx.

Garnida Ardiawati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

HI, tunggu aku ya...!!!!!

Galih Agus mengatakan...

apakah ada IGO/INGO yang membuka lapangan pekerjaan bagi luulusan HI tapi bertatto?

Meila Azzura mengatakan...

kak persaingan masuk jurusan HI susahkah ?? apa aja yang harus disiapin. terutama untuk anak IPA. mohon saran kak .

Aurowina Nathalia mengatakan...

untuk secara jelas apakah jurusan ini tuntutan pekerjaannya hanya diluar negri saja ??

Unknown mengatakan...

bullsh it

yang namanya mahasiswa kuliah di hubungan internasional itu cuma karena kepaksa soalnya kgk diterima di jurusan lain

jurusan paling madesu itu

Angela RF mengatakan...

Saya setuju, karena saya kuliah jurusan HI dan menurut saya menjadi diplomat atau bekerja di deplu "sudah terlalu mainstream" bagi anak HI:p

Unknown mengatakan...

Keren keren.. Saya alhamdulillah keterima seleksi jalur undangan HI UnMul. Dan saya dari jurusan IPA. Jdi gak harus IPS aja bisa ke HI. Saya sempat bingung kalau masuk HI kerja nya kemana? Hehe dan pas baca blog kk ini jdi kebuka pikiran dan termotivasi bgt. Thx blognya kak. Keren bgt (y)

Unknown mengatakan...

wish me luck kaka ketrima di HI UI

arabiyah.id mengatakan...

Yyya
Thanks friend'''---***

Ta Bi Tha mengatakan...

Jadi HI itu termasuk IPS? Apakah pelajarannya benar2 IPS asli atau bagaimana? Lalu bagaimana jika anak IPA masuk HI? hehe.. maaf banyak bertanya..